Platform Penguatan Keterampilan Literasi Digital

ASEAN Foundation memiliki tujuan untuk memberantas misinformasi dan disinformasi melalui program pelatihan literasi digital untuk generasi muda, guru, orang tua, tokoh masyarakat, dan pejabat pemerintah.

Program Literasi Digital ASEAN (ADLP) adalah sebuah inisiatif untuk lebih memerangi misinformasi dan disinformasi di kawasan ASEAN. Dengan dukungan hibah sebesar USD 1,5 juta dari Google.org, cabang filantropis Google, ASEAN Foundation akan memimpin implementasi program dua tahun ini, membekali 1.000+ pelatih di sepuluh negara ASEAN dengan keterampilan literasi media dan informasi yang perlu mereka latih. 100.000+ penerima manfaat di komunitas mereka.

UNESCO mengidentifikasi literasi media sebagai kunci dalam menumbuhkan pemikiran kritis, menghormati keragaman budaya, dan dialog terbuka di kawasan Asia Pasifik. Namun mereka juga mengamati bahwa salah satu hambatan terbesar dalam menerapkan pendidikan literasi media dalam skala besar adalah kurangnya pelatihan bagi para pendidik. Program ini akan menjadi tonggak penting bagi ASEAN untuk memperkuat keterampilan literasi digital masyarakatnya dan mengubah mereka menjadi agen perubahan yang dapat memerangi misinformasi dan disinformasi online.

Dalam implementasi program ini, ASEAN Foundation akan bekerja sama dengan mitra pelaksana lokal di sepuluh negara ASEAN untuk mengembangkan kurikulum pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan menyampaikannya kepada pelatih lokal. Selain memberikan pelatihan mengenai literasi media dan informasi, program ini juga mencakup intervensi penting lainnya seperti pembentukan kelompok penasihat pemuda dan pembentukan platform e-learning.

Kunjungi: https://www.digitalclassasean.org/