Modul Pelatihan Teknis Sub Klaster Kesehatan Jiwa dan Dukungan Psikososial

Menurut panduan IASC Mental Health Psychosocial Support, dukungan kesehatan psikososial mengacu pada semua jenis dukungan baik internal maupun mental dan eksternal yang bertujuan untuk menjaga atau mempromosikan kesejahteraan psikososial dan/atau mencegah atau mengatasi gangguan kesehatan mental. Meskipun istilah kesehatan mental dan dukungan psikososial terkait erat dan beririsan, bagi pekerja kemanusiaan istilah tersebut merefleksikan pendekatan yang berbeda namun saling melengkapi. Lembaga kemanusiaan di luar sektor kesehatan cenderung menggunakan istilah dukungan psikososial, sedangkan lembaga di sektor kesehatan cenderung berbicara tentang kesehatan mental, meskipun secara historis juga menggunakan istilah rehabilitasi psikososial dan perawatan psikososial untuk menggambarkan intervensi non-biologis bagi orang dengan gangguan kesehatan mental.


Dukungan Psikososial bukanlah sebuah terapi psikologis. Dukungan psikososial merupakan sebuah cara untuk membantu masyarakat membangun kembali hubungan, menggunakan kearifan lokal dan sumberdaya untuk pemulihan kedepan. Dalam dukungan psikososial masyarakat menentukan sendiri tujuan yang ingin dicapai agar mereka dapat membantu komunitasnya sendiri.
Tujuan utama dari Dukungan Psikososial Berbasis Masyarakat adalah:
1. Membantu masyarakat terdampak bencana untuk mengembalikan kehidupan yang stabil dan fungsi yang terintegrasi
2. Mengembalikan harapan, martabat, kesejahteraan jiwa dan sosial, dan normalitas masyarakat

Unduh modulnya di:
- Technical Training on Sub Cluster Mental Health and Psychosocial Support: https://redr.or.id/wp-content/uploads/2022/03/Modul-Technical-Training-MHPSS-Public.pdf

Sumber:
RedR Indonesia adalah lembaga kemanusiaan yang sedang berkembang dan bekerja untuk meningkatkan bantuan darurat internasional. RedR Indonesia adalah bagian dari jaringan redr internasional dari organisasi terakreditasi,berbagi visi dan misi bersama.

RedR juga beroperasi di Inggris, India, Australia, Sri Lanka, Amerika dan Malaysia. Kami mematuhi nilai-nilai berikut yang diadopsi oleh RedR International