Pemerintah Daerah Jombang Apresiasi Kerja USAID Madani

Diskusi Komunitas
Danang Praptoko Kepala Bappeda Kabupaten Jombang pada 26 Juli 2022 didapuk menjadi Moderator dalam acara “Monitoring Program USAID Madani Civil Society Support Initiative di Kabupaten Jombang”. Dalam pembukaan, Ia menyampaikan perjalanan Madani membangun kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Jombang yang dimulai pada 2019 dengan kesepatan program persampahan karena sesuai dengan program pemerintah yaitu Santri Jogo Kali.

Hal senada disampaikan Alfiah Asmat selaku Tenaga Ahli Bupati , “kolaborasi pemerintah daerah Jombang dengan SHI terutama Madani. sejalan dengan visi misi Jombang mewujudkan Jombang berkarakter dan berdaya saing”. Lebih lanjut, Mitra Madani sudah melakukan hal luar biasa memberikan pendampingan, konsep SI BESUT luar biasa tapi yang kurang adalah advokasinya.

Selain itu Madani melalui lead partner Sanggar Hijau Indonesia telah bersama membentuk learning forum yang beranggotakan OMS lintas isu dan beberapa komunitas yang selama ini bergerak di akar rumput tergabung dalam FMMJ (Forum Masyarakat Madani Jombang). Menurut Lutfi Ashari dari USAID Indonesia, swakelola 3 adalah salah satu yang diadvokasi Madani karena implisit soal profesionalisme bagi CSO sekaligus mengakui skill CSO. Kolaborasi antara pemerintah dan CSO berupa swakelola 3 mencerminkan dinamika demokrasi hubungan sehat antara pemerintah dan OMS. Bahkan dari pihak Madani siap mengirimkan tim untuk memberikan atensi dan panduan hingga follow up.

Respon positif terhadap kinerja Madani juga disampaikan oleh Ashari dari Bakesbangpol Kabupaten Jombang yang telah memberikan pengetahuan tentang swakelola 3, pasalnya Jombang dikenal sebagai kota santri banyak ormas berbasis agama seperti Muslimat, Fatayat, Anshor, Aisyiah yang selama ini banyak diberikan dana hibah dari pemerintah Kabupaten Jombang.

“Banyak alternatif bisa dilakukan selain swakelola yang memungkinkan kolaborasi pemerintah dan OMS sesuai karakteristik OPD dan OMS” tukas Danang sebelum menutup pertemuan ini.

Penulis: Ayu Nuzul

1 komentar