Aksi Bhinneka Community: Lestarikan BISA menjadi BIASA untuk Lestarikan Lingkungan Bhinneka

Tidak semua individu atau kelompok memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, tak terkecuali di masyarakat kita, sesuai motto Kampung Bhinneka, BISA, yaitu Bersih, Indah, Sehat dan Aman harus selalu di sosialisasikan, di rangkul bersama sehingga membentuk BIASA yaitu Bersih, Indah, Aman, Sehat dan Akur, sebagai individu maupun kelompok masyarakat.

Menjalankan program BISA jadi BIASA tidak semudah menulis dan mengucapkan, diperlukan sosok - sosok baik individu maupun kelompok sebagai pahlawan lingkungan yang terus mencontohkan, merangkul untuk menumbuhkan kesadaran tanpa sering di ingatkan dengan berulang ulang.

Menggagas Program BISA jadi BIASA, Bhinneka Community, mengajak semua Ketua RT maupun tokoh masyarakat untuk bergerak, agar semua punya andil, mengambil peran.

Bersih dimulai dari membersihkan saluran air, dari selokan yang melintas antar RT hingga sungai kecil yang melintas antar kampung sehingga dipastikan air mengalir dengan lancar.

Indah dimulai dari merapikan pot - pot tanaman yang tumbuh subur tapi tidak tertata rapi, rumput liar yang banyak tumbuh di sepanjang aliran sungai, karena penghijauan di kampung Bhinneka perna menjadi ikon kemenangan event penghijauan, bersama Unilever beberapa tahun silam.

Sehat secara otomatis dipengaruhi oleh bersihnya lingkungan dan Indahnya Penghijauan, dilanjutkan dengan penyemprotan cairan disinfektan, meskipun pandemi covid 19 sudah meredup tetapi kewaspadaan akan kesehatan tetap berlanjut.

Aman melintasi jalan - jalan lingkungan kampung Bhinneka adalah bagian yang juga kami fokuskan dengan mengadakan perbaikan jalan yang aspalnya sudah mengelupas dan banyak lubang akibat beban berat pengguna jalan, kucuran air hujan, dan masa pemakaian umur jalan. Pengaspalan jalan dimulai dari jalan lingkungan sekitar Masjid Al Ikhlas dan jalan penghubung antar lingkungan sekitar sehingga setiap siapapun yang melintas merasa aman.

BISA telah menjadi program rutin yang waktunya bersifat flexible, diadakan dengan melihat situasi, kondisi saat diperlukan dan kesiapan warga untuk bersama menunjukkan bahwa Program BISA (Bersih, Indah, Sehat, dan Aman) adalah satu kesatuan program yang mampu menyelamatkan Pelestarian Lingkungan sehingga sebagai wujud terimakasih kasih pada semua, yang memiliki andil berperan serta di lingkungan, kami mengadakan kenduri pada malamnya untuk sesama warga semua membaur, berdo'a bersama, makan bersama di selingi tawa canda sehingga semua Akur.

Lestarikan BISA menjadi BIASA untuk Lestarikan Lingkungan semoga terus menjadi motto Kampung Bhinneka yang terus lestari lintas generasi.