(CSO Funding Opportunity) Dukungan Pemprov dan Pemkab untuk Mengoptimalkan Implementasi Program TBC

Batas waktu: 19 Mei 2023
Jumlah: $35.000
Bidang:
1. Lintas Sektoral Area
a. Kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan
b. Pemantauan dan evaluasi
c. Pelatihan, peningkatan kapasitas dan pengembangan kapasitas

2. Kesehatan
a. Kesehatan remaja, termasuk kesehatan seksual dan reproduksi
b. Kesehatan anak
c. HIV/AIDS
d. Kesehatan - umum
e. Penguatan sistem kesehatan
f. Imunisasi
g. Kesehatan ibu dan bayi baru lahir, termasuk perawatan obstetrik darurat

Hasil yang diharapkan secara rinci untuk mencegah dan mengurangi penyakit pada anak dijelaskan dalam output di bawah ini:

1. Dinas kesehatan provinsi dan kabupaten terpilih Maluku memiliki kapasitas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan petugas kesehatan tentang TB anak dan remaja untuk mengoptimalkan implementasi dan dampak program. Luaran tersebut akan dicapai melalui kegiatan sebagai berikut:

1) Rapat Koordinasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Seksi Kesehatan Masyarakat (Kesmas), dan Dinas Kesehatan (Yankes), untuk Penyadaran TB Anak dan Remaja di Masyarakat

2) Komunikasi Interpersonal ( IPC) Pelatihan Petugas TB di Puskesmas Terpilih di Kota Ambon dan Maluku Tengah 3) Dokumentasi Program TB tentang peningkatan kesadaran TB anak dan remaja di kabupaten terpilih.

2. Dinas kesehatan provinsi dan kabupaten terpilih Maluku memiliki kapasitas untuk memperkuat skrining dan penatalaksanaan tuberkulosis (TB) pada anak dan remaja di masyarakat dengan melibatkan mitra lintas sektor. Output akan dicapai melalui kegiatan sebagai berikut:

1) Lokakarya advokasi TB Anak dan Remaja dengan Dinas Pendidikan dan sekolah terpilih

2) Lokakarya advokasi TB Anak dan Remaja dengan Kepala Desa dan Pukesmas Terpilih

3) Pelaksanaan skrining (sekolah, posyandu, masyarakat ) dan penatalaksanaan kasus TB yang ditemukan

3. Dinas kesehatan provinsi dan kabupaten terpilih Maluku memiliki kapasitas untuk mendukung Pelayanan Kesehatan Terpadu di Puskesmas untuk pencegahan, diagnosis, dan pengobatan tuberkulosis (TB) anak. Output akan dicapai melalui kegiatan sebagai berikut:

1) Kunjungan Monitoring Implementasi TB Anak dan Remaja di Puskesmas Terpilih di Kota Ambon

2) Rapat Evaluasi Program TB Anak dan Remaja, dengan fokus pada Pengobatan Pencegahan Matriks Kerangka Hasil memberikan rincian output, cakupan lokasi, indikator untuk mengukur pencapaian keluaran, termasuk data dasar dan target untuk setiap indikator, dan sarana verifikasi.

Link: https://www.unpartnerportal.org/api/public/export/projects/10313/