Iris Prize 2024: Memberdayakan Inisiatif yang Dipimpin Pemuda

Batas waktu: 30 April 2024

Apakah Anda berusia 14-24 tahun? Apakah Anda mempunyai ide atau proyek yang sudah mapan untuk melindungi atau memulihkan alam di komunitas lokal Anda? Daftar sekarang untuk Hadiah Iris.

Mereka menyadari bahwa restorasi alam mempunyai beragam bentuk – mulai dari pengelolaan lahan secara tradisional hingga solusi teknologi yang inovatif. Oleh karena itu, Iris Prize memberikan penghargaan terhadap ide-ide baru dan proyek-proyek yang sudah mapan, dengan harapan dapat mengatasi hambatan-hambatan yang seringkali menghalangi generasi muda untuk melakukan advokasi terhadap perubahan yang berhubungan dengan alam.

Kategori Hadiah
The Seed Prize
Jumlah Hadiah: $5,000
Diberikan kepada individu atau tim muda dengan ide inovatif untuk melindungi dan/atau memulihkan alam di komunitas lokalnya. Kategori usia untuk hadiah ini adalah 14-24 tahun.

The Stem Prize
Jumlah Hadiah: $10,000
Diberikan kepada proyek yang sudah ada yang didirikan baru-baru ini dan dalam skala kecil. Kategori usia untuk hadiah ini adalah 16-24 tahun.

The Iris Prize
Jumlah Hadiah: $15,000
Diberikan kepada proyek mapan yang memiliki potensi untuk direplikasi dan diperluas. Kategori usia untuk hadiah ini adalah 16-24 tahun.

Proyek yang Memenuhi Syarat
- Inisiatif pemuda dan inisiatif lokal yang beroperasi di wilayah yang diidentifikasi sebagai wilayah penting oleh komunitas lokalnya.

- Kelayakan untuk dipertimbangkan mencakup ide, proyek skala kecil, atau inisiatif yang sudah ada yang memiliki potensi pertumbuhan dan dapat ditiru.

- Komitmen terhadap keberagaman dan inklusi.

- Keberagaman geografis dan tematik adalah kunci misi mereka. Mereka memprioritaskan inisiatif-inisiatif di negara-negara Selatan, yang membutuhkan dukungan mereka secara tidak proporsional dan dimana dukungan mereka dapat memberikan dampak yang lebih signifikan, sambil tetap mempertimbangkan proyek-proyek luar biasa dari Negara-negara Utara.

Kriteria kelayakan
- Proyek atau organisasi Anda dipimpin oleh kaum muda berusia 14 hingga 24 tahun. Agar memenuhi syarat untuk menerima Iris Prize, sebagian besar kepemimpinan Anda harus adalah kaum muda yang memiliki otonomi proyek dan wewenang dalam mengambil keputusan. Harap jangan melamar jika Anda tidak termasuk dalam kategori usia ini.

- Anda mendukung prinsip melindungi dan memulihkan alam serta hak-hak mereka yang berupaya mempertahankannya.

- Mereka menyambut baik proyek-proyek yang disponsori secara fiskal atau dikaitkan dengan organisasi, badan amal, atau LSM yang lebih besar. Namun, penting bagi generasi muda yang memimpin proyek untuk memiliki otonomi penuh dan wewenang pengambilan keputusan.

- Mereka memprioritaskan memastikan keselamatan dan kesejahteraan peserta hadiah mereka. Jika Anda masih di bawah umur di negara Anda, perlu diketahui bahwa mereka memerlukan kolaborasi dengan organisasi atau LSM lokal untuk menjadi sponsor fiskal. Organisasi mitra ini akan bertanggung jawab mengelola hibah keuangan, menyimpan dana, dan memberikan dukungan keuangan kepada Anda selama proses berlangsung.

Link Pendaftaran: https://theirisproject.org/the-prize#the-prize