Modul Pelatihan Sistem Koordinasi Klaster Saat Bencana

KOORDINASI DALAM BENCANA
Koordinasi merupakan satu sarana untuk menciptakan satu lingkungan yang mendukung di mana organisasi-organisasi yang independen dapat bekerja sama untuk memperbaiki kualitas dan memperluas ruang lingkup dan dampak intervensi-intervensi mereka. Dalam situasi darurat-situasi darurat kemanusiaan saat pemerintah nasional tidak bersedia dan/atau tidak mampu untuk menggerakkan bantuan kemanusiaan untuk mereka yang terdampak, diperlukan bantuan internasional. PBB mempunyai mandat untuk membantu koordinasi lembaga-lembaga kemanusiaan internasional untuk bisa memberikan bantuan secara terorganisir dan efektif untuk menyelamatkan nyawa dan meringankan penderitaan. Dalam situasi-situasi tertentu, sistem PBB mungkin harus berada di depan untuk mengawasi jalannya respons kemanusiaan; dalam situasi-situasi lain, ketika pemerintah nasional mampu dan bersedia untuk memenuhi tanggung jawab mereka untuk membantu penduduk yang terdampak krisis, cakupan aktivitas internasional bisa saja terbatas pada dukungan penyandang dana bilateral. Meskipun demikian, semua aktor kemanusiaan yang terlibat mempunyai tanggung jawab untuk berkoordinasi dengan organisasi- organisasi lain untuk berbagi informasi atau sumber daya yang berperan untuk memenuhi prioritas respons kemanusiaan, khususnya karena ketepatan waktu sangat penting selama bencana.

Dengan demikian, koordinasi diperlukan untuk menganalisis situasi dan kebutuhan secara menyeluruh dengan mengidentifikasi kesenjangan dalam penyediaan bantuan. Pada dasarnya adalah salah satu peran dan fungsi kepemimpinan dalam Penanganan Darurat Bencana khususnya dan Penanggulangan Bencana pada umumnya adalah bentuk koordinasi. Melalui koordinasi semua pemangku kepentingan akan dapat menjalankan peran dan fungsi mereka serta berkontribusi secara optimal sehingga Penanganan Darurat Bencana menjadi efektif, tepat guna dan efisien.

Unduh di:
- Training on Cluster Coordination System: https://redr.or.id/wp-content/uploads/2022/03/Modul-Training-Cluster-Coordination-System-Public.pdf

Sumber:
RedR Indonesia adalah lembaga kemanusiaan yang sedang berkembang dan bekerja untuk meningkatkan bantuan darurat internasional. RedR Indonesia adalah bagian dari jaringan redr internasional dari organisasi terakreditasi,berbagi visi dan misi bersama.

RedR juga beroperasi di Inggris, India, Australia, Sri Lanka, Amerika dan Malaysia. Kami mematuhi nilai-nilai berikut yang diadopsi oleh RedR International