(CSO Funding Opportunity) Dukungan kepada Pemda dalam Peningkatan Kualitas KIBBLA di Provinsi NTB

Diskusi Komunitas
Batas waktu: 17 Mei 2023
Jumlah: $50.000
Bidang: Kesehatan
A. Kesehatan Anak
B. KIBBLA dan layanan kegawatdaruratan obstetrik

Hasil yang diharapkan dari kemitraan ini dibagi menjadi beberapa keluaran dan kegiatan:

1. Pemerintah provinsi dan kabupaten terpilih memiliki kapasitas dalam meningkatkan kualitas AMP-SR yang mengadaptasi pendekatan Quality Improvement (QI) layanan kesehatan, dan meningkatkan perawatan bayi baru lahir dengan berat badan rendah (BBLR), termasuk yang lahir dari ibu dengan HIV, Sifilis dan Hepatitis B.

Kegiatan utama:
o Meningkatkan kualitas adopsi audit perinatal maternal – surveilans dan respons (AMP – SR) di kabupaten terpilih dengan tim AMP-SR yang berfungsi dengan baik di provinsi dan kabupaten.

o Meningkatkan surveilans kematian & penanggulangannya melalui adopsi Maternal Perinatal Death Notification (MPDN) dan peningkatan QI (Quality Improvement) di fasilitas kesehatan.

o Meningkatkan kualitas perawatan bayi baru lahir esensial termasuk BBLR Penatalaksanaan bayi baru lahir di fasilitas kesehatan o Meningkatkan kualitas layanan pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak (PMTCT).

2. Pemerintah provinsi dan kabupaten terpilih telah meningkatkan kapasitas mereka untuk memperkuat pusat kesehatan dasar yang didukung untuk mengurangi dan mencegah penyakit pada anak.

Kegiatan utama:
o Meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan tentang kualitas penerapan MTBS dan pelatihan On the Job MTBS berkualitas.

o Meningkatkan kualitas pendataan dan pengelolaan pelaksanaan MTBS o Meningkatkan koordinasi teknis antar bidang/program terkait dalam pengelolaan program kesehatan anak.

o Meningkatkan kapasitas staf kesehatan dalam menangani penyakit utama pneumonia, diare, dan tuberkulosis pada anak.

3. Keterkaitan dengan masyarakat telah meningkatkan pengetahuan tentang identifikasi penyakit anak dan praktik perawatan untuk mengurangi dan mencegah penyakit anak.

Kegiatan utama:
o Meningkatkan intervensi pencegahan kematian dan kapasitas masyarakat dalam pengasuhan anak melalui pemantauan harian bayi baru lahir dan balita oleh keluarga dan melakukan tindakan yang diperlukan didukung oleh kader.

o Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kasus kematian besar pada bayi baru lahir dan balita (bayi berat lahir rendah, pneumonia, diare, dan TB anak).

o Meningkatkan masyarakat dalam rujukan kasus yang cepat (juga mekanisme rujukan selama krisis kesehatan). Selanjutnya, informasi cakupan wilayah, baseline data, target, dan sarana verifikasi data terkait output dapat dilihat pada bagian Kerangka Hasil.

Link: https://www.unpartnerportal.org/api/public/export/projects/10329/

0 komentar