Call for Proposals: Earth Journalism Network Asia-Pacific Media Grants 2024

Deadline: 3 December 2023
Amount: US$5,000 - US$15,000

Kegiatan yang diusulkan harus:
- Memperkuat kapasitas jurnalis, organisasi media, produser konten media sosial untuk menghasilkan berita berkualitas tinggi, berbasis bukti, dan menarik mengenai dampak lingkungan dari tindakan manusia dan solusi yang tepat untuk memitigasi dan merespons dampak-dampak ini.
- Meningkatkan konten dan liputan media berkualitas tinggi mengenai tema-tema utama lingkungan hidup, kesehatan masyarakat, dan iklim untuk memfokuskan perhatian publik dan memicu respons kebijakan terhadap krisis-krisis yang saling berhubungan ini.
- Meningkatkan perhatian publik terhadap dampak degradasi lingkungan yang tidak proporsional terhadap perempuan, masyarakat miskin, pemuda, masyarakat adat, dan kelompok rentan lainnya dan meningkatkan akses mereka terhadap informasi lingkungan berkualitas tinggi yang tersedia untuk umum.
- Berkontribusi pada perubahan positif dalam kebijakan pemerintah, standar lingkungan bisnis, atau kebiasaan konsumen untuk cara hidup yang lebih berkelanjutan.

Contoh kegiatan yang dapat didukung antara lain, namun tidak terbatas pada:
- Kampanye media dan komunikasi yang menyoroti kisah-kisah ketahanan iklim atau tema relevan lainnya.
- Sebuah proyek pemberitaan media yang menjelaskan dan menyelidiki saling ketergantungan antara kesehatan dan kesejahteraan manusia, hewan, dan lingkungannya.
- Pelaporan media lintas batas dan pembagian konten di antara media/outlet informasi yang berbasis di lokasi atau negara berbeda.
- Kolaborasi lintas sektoral dan pertukaran pengetahuan antara jurnalis, penyedia informasi, dan aktor penting lainnya, seperti peneliti dan badan pemerintah.
- Kemitraan dan pembangunan jaringan untuk pelaporan lingkungan hidup, seperti pembentukan jaringan jurnalis lingkungan hidup atau kemitraan pelaporan investigasi lingkungan hidup.
- Alat inovatif untuk mendukung investigasi media.
- Peluang pelatihan dan lokakarya media bagi jurnalis, jurnalis warga, atau produser konten media sosial.
- Kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan yang membangun keterampilan dan pengetahuan mengenai berbagai topik, seperti namun tidak terbatas pada, pelaporan keuangan, pemantauan dan evaluasi, inklusi gender, dan kegiatan tatap muka atau virtual yang mendukung pelaporan lingkungan hidup.

Link: https://earthjournalism.net/opportunities/earth-journalism-network-asia-pacific-media-grants-2024