Modul Pelatihan Sistem dan Prinsip Kemanusiaan Saat Bencana

STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) LAYANAN LEMANUSIAAAN DALAM BENCANA
SNI 7937-2013 merupakan standar Nasional Indonesia (SNI) Layanan Kemanusiaan dalam bencana ini merupakan hasil kesepakatan para pemangku kepentingan di Indonesia dengan merujuk pada beragam standar minimum dalam layanan kemanusiaan yang ada di dunia. SNI ini bertujuan memberikan sumber rujukan minimum kepada para pemangku kepentingan terkait bencana dalam memberikan layanan kemanusiaan secara bermartabat.

Standar ini menetapkan minimum bagi penyedia layanan kemanusiaan dalam memenuhi kebutuhan dasar umum, perlindungan, pasokan air, sanitasi, promosi higiene (hidup bersih dan sehat), ketahanan pangan, gizi, bantuan pangan, hunian, permukiman, bantuan non pangan, kesehatan, pendidikan, ternak, pemulihan ekonomi dan akuntabilitas bagi penduduk terdampak. Standar ini menetapkan mutu minimum yang harus dicapai dalam layanan kemanusiaan terutama pada tahap tanggap darurat bencana.

Dalam masa Pandemi Covid-19 Sphere menawarkan suatu pendekatan yang holistik berpusat pada orang (people-centred) untuk kerja kemanusiaan dengan tiga bab dasar (three foundation chapters) - Piagam Kemanusiaan (Humanitarian Charter), Prinsip- prinsip Perlindungan (Protection Principles) dan Standar Kemanusiaan Inti (Core Humanitarian Standard) yang mendukung bab-bab teknis. Untuk penanganan Covid-19, terdapat tiga faktor yang melingkupi semuanya: Pertama, orang hendaknya dilihat dan dihargai sebagai manusia yang bermartabat bukan sekedar kasus. Martabat manusia adalah yang utama. Kedua, keterlibatan komunitas sangat menentukan. Ketiga, dalam fokus mencegah penyebaran Covid-19 kita tidak boleh melupakan kebutuhan-kebutuhan lain dari mereka yang terpapar (ekonomi, sosial, perlindungan), maupun kebutuhan-kebutuhan lebih luas dari masyarakat yang lebih luas.

Unduh di:
- Training on Humanitarian System and Principles: https://redr.or.id/wp-content/uploads/2022/03/Modul-Training-on-Humanitarian-System-and-Principles-Public.pdf

Sumber:
RedR Indonesia adalah lembaga kemanusiaan yang sedang berkembang dan bekerja untuk meningkatkan bantuan darurat internasional. RedR Indonesia adalah bagian dari jaringan redr internasional dari organisasi terakreditasi,berbagi visi dan misi bersama.

RedR juga beroperasi di Inggris, India, Australia, Sri Lanka, Amerika dan Malaysia. Kami mematuhi nilai-nilai berikut yang diadopsi oleh RedR International